You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

Bimtek PPDP di Balai Kelurahan Wates

Administrator 04 September 2016 Dibaca 960 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]-->

Pemilih adalah salah satu elemen pokok sebuah pemilihan umum. Menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo Tahun 2017, tahapan yang akan segera dilakukan adalah pendataan pemilih yang secara teknis di lapangan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Pendataan pemilih ini menjadi salah satu faktor determinan yang memengaruhi kualitas Pilkada, dimana data pemilih dapat dikatakan baik apabila memuat semua warga yang mempunyai hak pilih (warga yang memenuhi syarat tidak ada yang terlewatkan). Baik buruknya data pemilih sangat ditentukan oleh kinerja PPDP yang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) langsung ke warga masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya untuk menuju Pilkada yang berkualitas, maka secara maraton dilakukan Bimbingan Teknis PPDP oleh PPK, sebagaimana yang diselenggarakan pada malam Minggu (03/09) yang diikuti secara bersamaan oleh 32 PPDP Kelurahan Wates dan 17 PPDP Desa Giripeni, dengan mengambil tempat di Balai Kelurahan Wates.

Acara bimtek dibuka dengan sambutan Lurah Wates, Agus Wasana, S.I.P., M.M. yang menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh PPDP peserta bimtek yang telah bersedia untuk berpartisipasi dalam tugas mulia ini. Lurah Wates juga mengapresiasi dilaksanakannya bimtek sebagai bekal PPDP dalam bekerja.

Pada kesempatan ini, hadir pula Komisioner KPU Kabupaten Kulon Progo, Tri Mulatsih, S.Pd. M.A. (Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Partisipasi Masyarakat) yang menyampaikan bahwa terdapat 3 elemen sebuah pemilu, yaitu penyelenggara, peserta (pasangan calon yang akan dipilih) dan pemilih. Perangkat penyelenggara (PPK, PPS dan PPDP) telah terbentuk, sedangkan pendaftaran peserta/pasangan calon (paslon) yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik baru akan dibuka pada 21 - 23 September 2016. Untuk pendaftaran paslon perseorangan/independen telah dibuka pada bulan Agustus, namun sampai hari penutupan tidak ada yang mendaftar sehingga bisa dipastikan Pilkada Kulon Progo 2017 tidak diikuti oleh paslon independen. Sementara untuk pemilih saat ini sedang dalam proses menuju pendataan, dimana tahap pertama adalah pendataan oleh PPDP, yang akan dilakukan pada 8 September - 7 Oktober 2016.

Materi bimtek selanjutnya dibawakan oleh Ketua PPK Kecamatan Wates, Drs. Suryono, yang menyampaikan tentang tugas PPDP yang mencakup memperbaiki/merevisi data, mencoret yang tidak memenuhi syarat, menambah/mendaftar yang belum terdaftar, dan mencatat disabilitas. PPDP mengampu 1 TPS yang dalam melakukan coklit wajib datang ke rumah warga dan tidak boleh hanya awangan. Dalam melakukan pekerjaannya, PPDP agar berkoordinasi dengan Ketua RT/RW setempat. Juga disampaikan bahwa orang yang mengalami gangguan jiwa tetap didaftar, karena pencoretan hanya bisa dilakukan apabila ada surat keterangan dokter jiwa.

Anggota PPK Kecamatan Wates yang lain, Nurmaningsih selanjutnya menjelaskan hal-hal terkait teknis pengisian form coklit. Juga disebutkan mengenai beberapa lembaran form coklit dan peralatan apa saja yang akan diterima PPDP untuk mendukung kerjanya. Pada kesempatan ini, Mbak Nurma juga memberikan simulasi pengisian form kepada seluruh peserta bimtek sebagai sarana berlatih.

Selama proses pemberian materi bimtek oleh para narasumber, sekaligus juga dibuka kesempatan tanya jawab. Muncul beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh para narasumber. Apabila dalam pelaksanaan tugas nanti masih terdapat hal-hal yang belum jelas, PPDP dapat berkoordinasi dan berkonsultasi dengan PPS. Karena sudah dirasa cukup, acara selanjutnya ditutup.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image