SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN PURWOHARJO  

Bimtek PPDP di Balai Kelurahan Wates

Administrator | 04 September 2016 00:00:00 | Berita Desa | 77 Kali

Pemilih adalah salah satu elemen pokok sebuah pemilihan umum. Menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo Tahun 2017, tahapan yang akan segera dilakukan adalah pendataan pemilih yang secara teknis di lapangan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Pendataan pemilih ini menjadi salah satu faktor determinan yang memengaruhi kualitas Pilkada, dimana data pemilih dapat dikatakan baik apabila memuat semua warga yang mempunyai hak pilih (warga yang memenuhi syarat tidak ada yang terlewatkan). Baik buruknya data pemilih sangat ditentukan oleh kinerja PPDP yang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) langsung ke warga masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya untuk menuju Pilkada yang berkualitas, maka secara maraton dilakukan Bimbingan Teknis PPDP oleh PPK, sebagaimana yang diselenggarakan pada malam Minggu (03/09) yang diikuti secara bersamaan oleh 32 PPDP Kelurahan Wates dan 17 PPDP Desa Giripeni, dengan mengambil tempat di Balai Kelurahan Wates.

Acara bimtek dibuka dengan sambutan Lurah Wates, Agus Wasana, S.I.P., M.M. yang menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh PPDP peserta bimtek yang telah bersedia untuk berpartisipasi dalam tugas mulia ini. Lurah Wates juga mengapresiasi dilaksanakannya bimtek sebagai bekal PPDP dalam bekerja.

Pada kesempatan ini, hadir pula Komisioner KPU Kabupaten Kulon Progo, Tri Mulatsih, S.Pd. M.A. (Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Partisipasi Masyarakat) yang menyampaikan bahwa terdapat 3 elemen sebuah pemilu, yaitu penyelenggara, peserta (pasangan calon yang akan dipilih) dan pemilih. Perangkat penyelenggara (PPK, PPS dan PPDP) telah terbentuk, sedangkan pendaftaran peserta/pasangan calon (paslon) yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik baru akan dibuka pada 21 - 23 September 2016. Untuk pendaftaran paslon perseorangan/independen telah dibuka pada bulan Agustus, namun sampai hari penutupan tidak ada yang mendaftar sehingga bisa dipastikan Pilkada Kulon Progo 2017 tidak diikuti oleh paslon independen. Sementara untuk pemilih saat ini sedang dalam proses menuju pendataan, dimana tahap pertama adalah pendataan oleh PPDP, yang akan dilakukan pada 8 September - 7 Oktober 2016.

Materi bimtek selanjutnya dibawakan oleh Ketua PPK Kecamatan Wates, Drs. Suryono, yang menyampaikan tentang tugas PPDP yang mencakup memperbaiki/merevisi data, mencoret yang tidak memenuhi syarat, menambah/mendaftar yang belum terdaftar, dan mencatat disabilitas. PPDP mengampu 1 TPS yang dalam melakukan coklit wajib datang ke rumah warga dan tidak boleh hanya awangan. Dalam melakukan pekerjaannya, PPDP agar berkoordinasi dengan Ketua RT/RW setempat. Juga disampaikan bahwa orang yang mengalami gangguan jiwa tetap didaftar, karena pencoretan hanya bisa dilakukan apabila ada surat keterangan dokter jiwa.

Anggota PPK Kecamatan Wates yang lain, Nurmaningsih selanjutnya menjelaskan hal-hal terkait teknis pengisian form coklit. Juga disebutkan mengenai beberapa lembaran form coklit dan peralatan apa saja yang akan diterima PPDP untuk mendukung kerjanya. Pada kesempatan ini, Mbak Nurma juga memberikan simulasi pengisian form kepada seluruh peserta bimtek sebagai sarana berlatih.

Selama proses pemberian materi bimtek oleh para narasumber, sekaligus juga dibuka kesempatan tanya jawab. Muncul beberapa pertanyaan yang langsung dijawab oleh para narasumber. Apabila dalam pelaksanaan tugas nanti masih terdapat hal-hal yang belum jelas, PPDP dapat berkoordinasi dan berkonsultasi dengan PPS. Karena sudah dirasa cukup, acara selanjutnya ditutup.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Persandian KM 5, Plarangan, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D. I. Y.
Kalurahan : PURWOHARJO
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 081931720172
Email : desapurwoharjosmgl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID