You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

KK Baru Sudah Tercetak

Administrator 27 April 2016 Dibaca 985 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]-->

Menindaklanjuti perubahan nomenklatur RT dan RW di Kelurahan Wates, maka perlu dilakukan penyesuaian dokumen kependudukan yaitu perubahan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk penyesuaian KK berdasarkan nomenklatur baru, Kelurahan Wates telah melakukan pengumpulan fotokopi KK lama yang dikoordinir oleh masing-masing Ketua RW dan Ketua RT di wilayahnya. Proses yang ditempuh selanjutnya adalah mengirimkan fotokopi KK lama ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk kemudian dicetak KK yang baru dengan nomenklatur RT dan RW yang telah disesuaikan. Sementara untuk pencetakan KTP belum dapat dilakukan secara massal, mengingat keterbatasan blanko KTP elektronik. Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten belum diberi wewenang untuk mencetak blanko KTP elektronik sendiri, sehingga sampai saat ini Dinas Dukcapil hanya menunggu jatah pengiriman blanko dari pusat yang jumlahnya terbatas.

Dalam rapat koordinasi Ketua RT se-Kelurahan Wates pada hari Selasa, 26 April 2016 di Balai Kelurahan Wates, berkaitan dengan materi pertemuan tentang administrasi kependudukan maka juga mengundang Dinas Dukcapil dan Kecamatan Wates. Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Dinas Dukcapil, Sri Harningsih, S.Sos., M.M. dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa sebanyak 4.326 KK yang telah disesuaikan berdasarkan nomenklatur RT dan RW baru dan telah dicetak semua serta telah dikirim ke Kelurahan Wates. Sementara untuk pencetakan KTP, apabila ada warga yang mendesak membutuhkan, dapat dilayani di Dinas Dukcapil, tentu saja dengan menyesuaikan persediaan blanko.

Kelurahan Wates telah melakukan koordinasi dengan seluruh Ketua RW dalam pendistribusian KK ke warga. Berdasarkan informasi, dari KK baru yang telah terdistribusi masih terdapat sejumlah KK yang membutuhkan revisi karena kesalahan data dalam KK, antara lain data orang yang sudah meninggal tapi masih muncul, data orang yang sebelumnya sudah ada di KK lama tapi tidak muncul di KK yang baru, dan lain-lain. Untuk proses revisi maka berdasarkan keterangan dari Kabid. Adminduk Dukcapil, maka dapat dilakukan di Dinas Dukcapil dengan mengembalikan KK baru yang masih keliru dan dilampiri fotokopi dokumen pendukung, misalnya Akte Kelahiran, Akte Kematian, ijazah dan sebagainya. Tanpa dokumen pendukung, maka operator baik di Dinas Dukcapil maupun di kecamatan tidak dapat melakukan revisi data.

Semua KK baru akan didistribusikan ke warga, untuk mengetahui apakah data dalam KK sudah benar atau belum. Apabila data sudah benar, maka Kepala Keluarga menandatangani KK dan selanjutnya lembar asli diserahkan kepada warga yang bersangkutan. Sementara dari 3 lembar tembusan, salah satunya disimpan oleh Ketua RT sebagai arsip, sedangkan yang 2 lembar dikembalikan ke Kelurahan, untuk arsip di Kelurahan dan Kecamatan. 

Apabila data dalam KK baru masih terdapat kesalahan sehingga perlu dilakukan revisi, maka seluruh KK baru agar dikembalikan ke Ketua RT dengan dilampiri dokumen pendukung revisi. Selanjutnya secara berjenjang, Ketua RT mengumpulkan ke Ketua RW untuk diteruskan ke Kelurahan dan Dinas Dukcapil. 

Dalam rakor RT se-Kelurahan Wates ini, selain disampaikan informasi tentang kependudukan, Lurah Wates juga menyampaikan beberapa informasi terkait rencana pelaksanaan penilaian Adipura tahap ke-2, pemberantasan sarang nyamuk dan imunisasi bayi dan anak. 

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image