SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN PURWOHARJO  

Pemilu Pimpinan Kolektif BKM Nugroho Digelar

Administrator | 19 Desember 2016 00:00:00 | Berita Desa | 97 Kali

Sebagai siklus rutin 3 tahunan, maka digelar pemilihan pimpinan kolektif Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Nugroho untuk periode 2017-2019. Sebelum pelaksanaan pemilihan, mekanisme yang telah dilakukan sebelumnya adalah pengusulan 3 nama calon dari setiap RT, yang kemudian dikerucutkan menjadi 3 nama calon dari setiap RW. Setelah diperoleh 3 nama calon dari masing-masing RW, kemudian digelar Pemilihan yang dilaksanakan pada malam Senin, 18 Desember 2016 di Balai Kelurahan Wates.

Di samping para calon pimpinan kolektif BKM Nugroho, acara ini juga mengundang Lurah Wates, Sekretaris Kelurahan Wates, Fasilitator Kelurahan (Faskel) untuk Kelurahan Wates, dan pimpinan BKM Nugroho periode sebelumnya.

Membuka acara, Koordinator BKM Nugroho periode 2014-2016, Sunardi, S.I.P. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lurah Wates yang telah memfasilitasi acara ini. Juga disampaikan bahwa perwakilan 16 RW masing-masing 3 nama calon yang berjumlah total 48 orang dengan komposisi 32 laki-laki dan 16 perempuan, akan dipilih oleh para calon itu sendiri untuk mendapatkan 13 orang pimpinan kolektif BKM Nugroho, dengan komposisi 9 laki-laki dan 4 perempuan.

Selanjutnya Faskel, Mas Arif menyampaikan bahwa BKM Nugroho merupakan 1 di antara 8 BKM di Kecamatan Wates. BKM Nugroho yang berdiri sejak tahun 2000 selama ini telah menjadi percontohan karena relatif berhasil menjalankan siklus kegiatan tanpa intervensi pendamping. Dalam kegiatannya, BKM Nugroho bergerak dalam Tridaya, yaitu lingkungan (melalui Unit Pengelola Lingkungan/UPL, yang juga berkaitan dengan pembangunan infrastruktur), sosial (melalui Unit Pengelola Sosial/UPS), dan keuangan (melalui Unit Pengelola Keuangan/UPK, yang mengelola dana kredit perguliran).

Pemilihan pimpinan kolektif BKM ini merupakan siklus rutin 3 tahunan, dengan harapan para pimpinan kolektif BKM mendatang dapat membawa kemajuan, amanah dan bermanfaat. Pimpinan kolektif ini bersifat collective collegial, sehingga semua pengurus berkedudukan sama, meskipun dalam menjalankan kegiatannya akan ditunjuk seorang koordinator.    

Dalam kesempatan ini, Pak Lurah memberikan sambutan dengan menekankan bahwa pimpinan kolektif BKM bersifat sosial dan sukarela, sebagai media pengabdian kepada masyarakat dan ladang meraih pahala. Kegiatan BKM berkaitan dengan upaya pengentasan kemiskinan yang diharapkan sinergis dengan program Kelurahan Wates, dan Kabupaten Kulon Progo pada umumnya. Para pimpinan kolektif BKM yang nantinya terpilih adalah warga terbaik dari yang terbaik karena tumbuh dari bawah (bottom up).

Selanjutnya memasuki sesi pemilihan yang secara teknis dijelaskan oleh perwakilan panitia, Sutrisno, S.Pd. yang menerangkan tata tertib pemilihan, yaitu 1) pemilihan dilakukan secara tertutup, 2) yang memiliki hak pilih dan hak dipilih adalah perwakilan setiap RW, 3) perwakilan RW yang tidak hadir sampai dengan pembacaan tata tertib dinyatakan gugur, 4) apabila quorum 50% + 1 peserta pemilihan tidak terpenuhi, pemilihan tetap dilaksanakan, 5) pemilihan untuk memilih 13 orang pimpinan kolektif, 6) setiap peserta pemilihan memiliki hak untuk memilih 13 nama yang terdiri dari 9 laki-laki dan 4 perempauan, 7) suara diambil berdasarkan perolehan suara terbanyak, apabila ada perolehan suara sama, maka dilakukan pemilihan ulang atau musyawarah dengan mempertimbangkan RW yang belum terwakili.

Setelah penjelasan tata tertib dan mekanisme pemilihan, kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan para peserta pemilihan. Dari hasil absensi, tercatat terdapat 8 orang yang tidak hadir, sehingga langsung dicoret untuk tidak dipilih. Kemudian 40 peserta pemilihan yang hadir dipanggil berurutan untuk memberikan pilihannya. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara, diperoleh hasil sebagai berikut :

NO

NAMA

RW

L/P

PEROLEHAN SUARA

1

Sigit

RW 03 Terbah

L

30

2

Waskitho Widodo

RW 05 Mutihan

L

28

3

Sutrisno, S.Pd.

RW 13 Wonosidi Kidul

L

28

4

Jais, S.Pd.

RW 02 Beji

L

24

5

Dwi Supriyono, S.P.

RW 08 Gadingan

L

19

6

Teguh

RW 01 Punukan

L

18

7

M. Dalduri Budi Prasetya, S.E.

RW 06 Kriyanan

L

16

8

Cahyono Budi Setyawan

RW 07 Wetan Pasar

L

16

9

M. Syamsul Fajri Rais

RW 09 Durungan

L

16

10

Nur Ratna Yuliana, A.Md.

RW 14 Dipan

P

26

11

Dra. Hj. Siti Suprihatin

RW 10 Kedungdowo

P

25

12

Marsiyati

RW 12 Wonosidi Lor

P

25

13

Lyllis Savitri

RW 02 Beji

P

20

 

Ke-13 orang yang terpilih dengan suara terbanyak tersebut kemudian ditetapkan sebagai pimpinan kolektif BKM Nugroho periode 2017-2019. Sedangkan untuk calon Pengganti Antar Waktu (PAW) disiapkan 5 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, sesuai urutan perolehan suara di bawahnya. Selamat bekerja!

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Persandian KM 5, Plarangan, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D. I. Y.
Kalurahan : PURWOHARJO
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 081931720172
Email : desapurwoharjosmgl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID