You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

KKN UNY 2016 Digelar di 8 RW

Administrator 15 Juli 2016 Dibaca 930 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Tahun 2016, Kelurahan Wates kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Setelah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar yang telah lebih dulu melaksanakan KKN sejak 21 Juni - 7 Agustus 2016, kali ini Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga melaksanakan KKN di wilayah Kelurahan Wates selama 2 bulan, yaitu dari 15 Juli sampai dengan 15 September 2016.

Adapun jumlah peserta KKN UNY 2016 adalah sebanyak 88 mahasiswa dari program studi kependidikan yang terbagi dalam 8 kelompok, yang ditempatkan di 8 lokasi, yaitu RW 01 Punukan, RW 02 Beji, RW 06 Kriyanan, RW 08 Gadingan, RW 11 Driyan, RW 14 Dipan, RW 15 Kedunggong dan RW 16 Sebokarang.

Setelah dilepas secara resmi di kampus UNY pada hari Jumat, 15 Juli 2016, selanjutnya pada hari yang sama dilakukan serah terima mahasiswa KKN UNY oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari LPPM UNY kepada Pemerintah Kelurahan Wates. Penyerahan mahasiswa digelar di Balai Kelurahan Wates, yang diterima oleh Sekretaris Kelurahan Wates, Anto Risdiyanto, S.I.P. dan Kepala Seksi Pemerintahan, Setio Bhakti Wisnugroho, S.E.

Dalam sambutannya pada acara serah terima mahasiswa KKN, Bapak Didik selaku DPL menyampaikan bahwa mahasiswa KKN harus dapat menjaga interaksi yang baik dengan warga masyarakat, menjunjung tinggi etika dan menjauhi perbuatan tercela. Secara khusus juga disampaikan bahwa mahasiswa dilarang menggunakan dan/atau mengedarkan narkoba. Juga disampaikan bahwa mahasiswa KKN bukan penyandang dana, sehingga masyarakat perlu diberi pengertian bahwa program kerja KKN bersifat mediasi, fasilitasi, edukasi dan advokasi. Ibu Sri Mawarti yang juga selaku DPL menghimbau agar mahasiswa KKN memanfaatkan KKN untuk dapat menerapkan ilmu akademis yang akan diterapkan di tengah kondisi riel masyarakat. Agar KKN tidak digunakan untuk hal-hal yang berada di luar tujuan, visi dan misi KKN itu sendiri. Secara resmi kedua DPL dari LPPM UNY menyerahkan mahasiswa KKN UNY kepada Pemerintah Kelurahan Wates.

Selanjutnya Sekretaris Kelurahan dalam sambutannya secara resmi menyampaikan selamat datang dan menerima mahasiswa KKN UNY dengan tangan terbuka. Kelurahan Wates juga menyampaikan terima kasih kepada UNY yang telah memberi kepercayaan karena telah dipilih sebagai lokasi pelaksanaan KKN. Keberadaan KKN beserta program kegiatannya diharapkan dapat menjadi transfer of knowledge kepada masyarakat sekaligus sebagai media bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuannya di tengah kompleksitas permasalahan masyarakat. Juga ditekankan agar mahasiswa KKN dapat membangun sosialisasi yang baik dengan masyarakat dan menjauhi tindakan yang bertentangan dengan etika dan norma hukum.

KKN UNY ini sendiri dilaksanakan secara efektif 3 hari setiap pekan, yaitu Jumat, Sabtu dan Minggu. Karena sejak Senin sampai dengan Sabtu pagi, seluruh mahasiswa KKN UNY juga melakukan kegiatan PPL (praktek lapangan) di SD-SD di wilayah Kelurahan Wates. Namun begitu, sesuai arahan DPL bahwa mahasiswa KKN tetap dapat melakukan kegiatan di luar hari efektif KKN, sesuai kebutuhan. Setiap kelompok juga diwajibkan untuk memiliki Posko KKN di wilayah masing-masing untuk mempermudah koordinasi antar mahasiswa maupun DPL.    

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image