Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

Artikel

KEGIATAN IBU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KALURAHAN PURWOHARJO

17 September 2024 15:21:16  Admin Kalurahan  36 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang menentukan dalam terbentuknya kepribadian anak. Dalam bahasa yang berbeda, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang fundamental dalam membentuk karakter dan kerangka dasar dari pengetahuan anak. Disamping itu, pendidikan anak usia dini sangat diperlukan dalam upaya peningkatan dan pertumbuhan serta perkembangan jasmani dan rohani sehingga anak-anak Indonesia memiliki kesiapan dalam menyongsong jenjang pendidikan selanjutnya. Sebagai mana disebutkan para ahli bahwa usia dini merupakan usia emas “(golden age)” yang hanya terjadi satu kali seumur hidup manusia. Sehingga dengan demikian, pada masa inilah hendaknya dilakukan penanaman dasar-dasar pengetahuan dan perkembangan baik fisik, emosional, bahasa dan kemampuan berinteraksi secara sosial dengan lingkungan sekitarnya.

Perkembangan kemampuan kognitif dan motorik anak dapat dilihat dari apa yang mereka lakukan, yang didorong rasa ingin tahu yang besar pada diri anak. Kognitif akan cepat berkembang, apalagi melalui permainan yang menggunakan benda yang disukai anak. Anak usia dini memiliki kepekaan tersendiri pada dirinya. bentuk  interaksi  dirinya  dengan  hal- hal yang berada disekitarnya akan terekam dengan  baik  dan  menjadi acuan dalam bertindak dikemudian hari. Sehingga bagi pelaksana pendidikan pada PAUD diperlukan cara yang tepat dan metode yang tepat pula dalam melakukan pembinaan terhadap anak usia dini. Dan peran serta dan dukungan ibu PAUD sangatlah penting dalam memberikan dukungan transisi PAUD - SD yang menyenangkan serta survey lingkungan belajar PAUD agar tercipta lingkungan dan Lembaga yang berkualitas.

Salah satu program strategi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran adalah program yang merupakan kumpulan kegiatan-kegiatan nyata, sistematis dan terpadu dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah dilaksanakan oleh suatu atau beberapa instansi di lingkungan Pemerintah Kalurahan Purwoharjo. Kegiatan merupakan penjabaran lebih lanjut dari suatu program sebagai arah dari pencapaian tujuan dan sasaran strategis yang memberikan kontribusi bagi pencapaian “ visi dan misi “ tanggapan terhadap, gerakan sekolah dari PAUD ke SD yang sehat, menyenangkan, dan praktik - praktik yang sifatnya baik.

Kegiatan merupakan tindakan nyata yang dilakukan oleh Ibu Paud Kalurahan Purwoharjo beserta Pokja PKK Kalurahan Purwoharjo, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal sesuai dengan kebijaksanaan dan program yang telah ditetapkan, dalam rangka mencapai tujuan dan sasarannya. Kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut diharapkan dapat menjadi stimulus pelaksanaan kegiatan oleh masyarakat yang lebih luas sebagai respon terhadap kebijaksanaan dan program Ibu Paud Kalurahan Purwoharjo Kapanewon Samigaluh. Adapun Program Kerja Pokja PAUD Kalurahan Purwoharjo Kapanewon Samigaluh adalah sebagai berikut :

  1. Sinkronisasi antar Dinas yang berhubungan dengan urusan
  2. Sosialisasi program    PAUD      khususnya      SPS      Pos     PAUD/      Taman Posyandu
  3. Peningkatan kapasitas Ibu PAUD ( Holistic Integrated.
  4. Melaksanakan ToT tentang parenting
  5. Fasilitasi Inklusif PAUD dan Ramah Anak
  6. Menyelenggarakan pentas seni, Out bond PAUD
  7. Pembinaan dan Manajemen PAUD
  8. Pengukuran Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK)
  9. BIAS ( Pemberian Kekebalan Tubuh )/
  10. Imunisasi

Peran Serta Ibu PAUD Kalurahan Purwoharjo sangatlah penting dalam pemantauan tumbuh kembang anak, berperan dalam menggerakan semua pihak melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masayarakat dalam mendukung gerakan nasional PAUD. Ibu PAUD Kalurahan Purwoharjo dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan diwilayahnya masing - masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD Menggerakkan dan mengembangkan Gerakan Sekolah Sehat, Sekolah yang menyenangkan dan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

Desa Wisata Tinalah
DUKCAPIL KP
NAKERTRANS KP
DINSOS KP

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Jl. Persandian KM 5, Plarangan, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D. I. Y.
Kalurahan : Purwoharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 081931720172
Email : desapurwoharjosmgl@gmail.com

Desa Wisata Tinalah

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:66
    Kemarin:125
    Total Pengunjung:126.042
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.139.80.106
    Browser:Mozilla 5.0