You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

Imunisasi Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Administrator 20 April 2016 Dibaca 919 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Imunisasi adalah upaya menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang terhadap penyakit yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak serta mencegah sakit berat, cacat dan rawan kematian anak. Imunisasi tetap diberikan kepada bayi/anak meskipun sudah terlewatkan dari jadwal yang seharusnya, dengan melihat interval waktu pemberian dan diupayakan lengkap sebelum anak berusia 1 tahun, kecuali imunisasi Hepatitis B pada bayi baru lahir (0-7 hari), bila usia anak lebih dari 1 tahun, imunisasi harus tetap dilengkapi.

Dalam usaha untuk memberikan imunisasi terutama kepada bayi/anak yang terlewatkan belum mendapatkan imunisasi pada rentang usia 18 bulan sampai 4 tahun, maka Puskesmas Wates menyelenggarakan imunisasi gratis yang dilaksanakan pada hari Rabu, 20 April 2016 di Balai Kelurahan Wates. Kegiatan ini sebelumnya telah disosialisasikan kepada masyarakat melalui RT dan RW. Kegiatan imunisasi kali ini diikuti oleh 20 anak, yang menerima 5 jenis imunisasi (tergantung jenis imunisasi yang belum diterima), yaitu Hepatitis B (mencegah Hepatitis B), BCG (mencegah Tuberkolosis), IPV (mencegah Polio), Campak (mencegah penyakit campak), dan DPT-HB-Hib (Pentavalen) yang mencegah penyakit difteri, pertus (batuk rejan), tetanus, hepatitis B, pneumonia, (radang paru-paru) serta meningitis (radang selaput otak).

Petugas Puskesmas Wates memberikan informasi bahwa imunisasi aman untuk bayi dan anak karena vaksin sudah diuji keamanan, khasiat dan mutunya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dimana saat ini imunisasi telah dilaksanakan di 194 negara di seluruh dunia. ASI, gizi dan suplemen herbal tidak dapat menggantikan imunisasi karena hanya memperkuat pertahanan tubuh secara umum, sedangkan imunisasi diperlukan untuk membentuk kekebalan khusus terhadap kuman tertentu.

Bagi bayi/anak yang belum mendapatkan imunisasi dan belum mengikuti imunisasi yang dilaksanakan hari ini, dapat mengikuti imunisasi dengan datang ke Puskesmas Wates.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image