You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

Rembug Warga Tahunan Sekaligus Pelantikan Pimpinan Kolektif BKM Nugroho

Administrator 15 Januari 2017 Dibaca 989 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]-->

Sebagai agenda rutin annual, BKM Nugroho menggelar Rembug Warga Tahunan (RWT) Tahun 2016 yang dilaksanakan pada malam Ahad, 14 Januari 2017 di Balai Kelurahan Wates. Sebagai event tahunan untuk perencanaan kegiatan 1 tahun, dalam acara ini dipaparkan rencana program kepada warga masyarakat untuk mendapatkan feedback sebelum kemudian disahkan. Dalam RWT ini sekaligus juga dilakukan pelantikan Pimpinan Kolektif BKM Nugroho Periode 2017-2019 dan Lokakarya yang dipandu Fasilitator Kelurahan dari Askot Mandiri.

Sebelum dimulai acara, dilakukan pengundian hadiah dari Unit Pelaksana Keuangan (UPK) berupa berbagai jenis alat rumah tangga. Acara kemudian dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan Tata Tertib RWT yang dibacakan oleh Sutrisno, S.Pd. Koordinator BKM Nugroho periode 2014-2016, Sunardi, S.I.P. yang memperoleh kesempatan pertama memberikan sambutan menyampaikan beberapa kemajuan yang telah dicapai BKM, termasuk aset keuangan yang semakin besar dan perkembangan kegiatan yang telah dilakukan unit pelaksana. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Koordinator Faskel dari Askot Mandiri yang menyampaikan beberapa hal tentang pendampingan yang dilakukan terhadap BKM Nugroho dalam pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Wates.

Sunardi, S.I.P. kembali naik podium untuk menyampaikan Laporan Kegiatan BKM Nugroho Periode 2014-2016, sebagai bentuk akuntabilitas kinerja selama masa jabatan. Selanjutnya peserta RWT diminta untuk memberikan masukan, usul dan saran terhadap rencana program kegiatan tahun 2017, untuk kemudian disahkan dan nantinya akan dilaksanakan oleh Pimpinan Kolektif yang baru. 

Memasuki sesi pelantikan Pimpinan Kolektif BKM Nugroho Periode 2017-2019, diawali dengan pembacaan Keputusan Lurah Wates  Nomor 02 Tahun 2017 tentang Pembentukan Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Tingkat Kelurahan Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Lurah Wates kemudian melantik Pimpinan Kolektif hasil Pemilu BKM pada 18 Desember 2016 yang lalu, yang dirangkai dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan, penyerahan surat Keputusan Lurah secara simbolis, serta serah terima jabatan yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Sertijab dan serah terima buku memori secara simbolis.

Lurah Wates dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Kolektif  Periode 2014-2016 yang telah bekerja keras dalam mengabdi untuk warga masyarakat. Kepada Pimpinan Kolektif  BKM yang baru, diucapkan selamat bertugas, dengan harapan dapat terus meningkatkan kinerja. Dalam kesempatan ini, Pak Lurah juga menyampaikan agar untuk kepentingan tertib organisasi dan optimalisasi mekanisme check and balance, maka AD/ART sebagai landasan organisasi harus dijalankan dengan benar. Rangkap jabatan pimpinan kolektif dan unit pelaksana juga dapat mengakibatkan kurang optimalnya pengawasan dan timbulnya conflict of interest. Pak Lurah mengibaratkan dengan idiom "jeruk makan jeruk". Dalam kesempatan ini juga disampaikan tentang perubahan kedudukan Kelurahan Wates dari SKPD menjadi perangkat kecamatan, yang berlaku efektif mulai Januari 2017, terbentuknya Forum RW dan RT sebagai media komunikasi antar kewilayahan yang merupakan tangan pertama penyerap aspirasi kebutuhan warga masyarakat, serta ajakan kepada warga masyarakat untuk menyukseskan Pilkada 2017 dengan datang ke TPS dan memberikan hak suaranya. Nyoblos hanya 5 menit tetapi dapat menentukan apa yang akan terjadi 5 tahun mendatang. Terakhir, Pak Lurah menyampaikan harapan agar program kegiatan BKM Nugroho dapat selaras dengan program kegiatan Kelurahan Wates, sehingga menciptakan sinergi positif untuk pembangunan di wilayah Kelurahan Wates.

Memperoleh kesempatan memberikan sambutan yang terakhir, Camat Wates kembali mengingatkan warga masyarakat agar dapat merespon secara positif terhadap pembangunan mega proyek, terutama bandara internasional di Kulon Progo. Berbagai prospek dan tantangan harus dapat dikelola dengan baik sehingga dapat diperoleh manfaat sosial ekonomis bagi masyarakat. Bu Camat menginformasikan bahwa ground breaking bandara segera dilakukan, dan diharapkan sudah dapat diresmikan sebelum Presiden Jokowi habis masa jabatan untuk periode pertama pada tahun 2019. Berkaitan dengan perubahan kedudukan Kelurahan Wates, Bu Camat menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu khawatir karena dari segi anggaran meskipun berada di anggaran kecamatan, namun pos anggaran kelurahan tetap jauh lebih besar. Sebagai warga Kelurahan Wates, Bu Camat yang pidalem di RW 02 Beji juga menyatakan komitmen untuk mendukung kemajuan Kelurahan Wates, bahkan meskipun suatu saat nanti tidak lagi menjabat sebagai Camat Wates.

Turun dari podium setelah mengakhiri sambutannya, Bu Camat disambut dengan applause dari hadirin. Acara kemudian dilanjutkan dengan lokakarya yang dipandu Koordinator Faskel dari Askot Mandiri yang menyampaikan tentang Program Kotaku yang dituangkan dalam dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP). Dokumen ini telah diselaraskan dengan Rencana Kerja Kelurahan Wates, dan lebih luas lagi dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Kulon Progo. Setelah selesai pemaparan materi lokakarya, acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu "Bagimu Negeri".  

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image