SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN PURWOHARJO  

Rapat RW 12 Wonosidi Lor Di Balai RW Yang Baru

Administrator | 04 April 2016 00:00:00 | Berita Desa | 81 Kali

Rapat RW 12 Wonosidi Lor yang diselenggarakan pada hari Minggu malam, 3 April 2016 ini menjadi istimewa karena digelar di Balai Rukun Warga (RW) yang baru. Balai RW 12 Wonosidi Lor ini merupakan Balai RW pertama di wilayah Kelurahan Wates yang telah berhasil dibangun. Selain karena digelar di Balai RW, Rapat RW ini juga menjadi istimewa karena mengundang Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Ir. Suharjoko, M.T., Sekretaris Kecamatan Wates, Made Arsa Wijaya, S.H., Lurah Wates, Agus Wasana, S.I.P., M.M., dan Sekretaris Kelurahan Wates, Anto Risdiyanto, S.I.P.

Rapat RW kali ini selain merupakan rapat rutin, juga akan membahas mengenai persiapan awal rencana peresmian Balai RW dan evaluasi pelaksanaan penilaian lomba Adipura Tahun 2016. Acara ini dipimpin oleh Ketua RW 12 Wonosidi Lor, Mugiyono, S.Pd., yang dibuka dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Bapak Ngadiyono, yang menyampaikan bahwa manusia harus berbuat baik kepada sesama sebagai investasi akhirat, karena pada dasarnya manusia adalah Camat Simatupang (Calon Mati Siang Malam Tunggu Panggilan). Selanjutnya acara dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan pembangunan Balai RW oleh Ketua Panitia Pembangunan, Bapak Suparman, yang menyampaikan bahwa Balai RW telah dapat digunakan, tetapi kondisinya masih 80%. Masih dibutuhkan dana finishing Balai RW antara lain untuk pemasangan lantai keramik, plafon dan konblok halaman.

Dalam kesempatan ini, Lurah Wates menyampaikan bahwa peresmian Balai RW 12 Wonosidi Lor direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2016, bersamaan dengan pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2016 untuk wilayah Kecamatan Wates. Balai RW Wonosidi Lor merupakan titik pertama kunjungan rombongan Bupati Kulon Progo. Sementara itu terkait pelaksanaan penilaian lomba Adipura Tahun 2016 yang telah dilakukan pada hari Sabtu, 19 Maret 2016, Lurah Wates menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada warga Wonosidi Lor yang telah menerima kedatangan tim penilai Adipura.

Selanjutnya, Sekretaris Kecamatan Wates menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan BBGRM Tahun 2016, terdapat 3 titik di wilayah Kecamatan Wates yang akan dikunjungi rombongan Bupati, yaitu Balai RW 12 Wonosidi Lor, tempat pengolahan sampah di Desa Triharjo dan kantor baru Kecamatan Wates di Bendungan. BBGRM Tahun 2016 mengambil lokasi pertama di wilayah Kecamatan Wates, sehingga sekaligus akan dilakukan acara Pencanangan BBGRM Tahun 2016 oleh Bupati. Namun tentang lokasi pencanangan masih akan dikonsultasikan oleh Kecamatan Wates kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB), terkait apakah pencanangan akan dilakukan di titik pertama yaitu Balai RW 12 Wonosidi Lor atau di kantor Kecamatan Wates sekaligus peresmian kantor baru.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa pelaksanaan penilaian lomba Adipura Tahun 2016 telah dilaksanakan, termasuk penilaian di Wonosidi Lor. Komponen utama penilaian adalah kebersihan dan keteduhan. Kepala KLH menyampaikan apresiasi terhadap warga Wonosidi Lor yang selama ini selalu menjadi andalan dalam berbagai lomba seperti Adipura, Green and Clean dan Lomba Kabupaten Sehat. Dalam kesempatan ini, Kepala KLH menyampaikan evaluasi terkait menurunnya semangat warga Wonosidi Lor dalam pengelolaan sampah serta penanaman sayuran dan tanaman perindang yang dalam beberapa tahun sebelumnya cukup marak di Wonosidi Lor.

Setelah sambutan dan pemaparan, acara dilanjutkan dengan diskusi. Ketua RT 01, Suwandito, S.H. menanyakan tentang apakah penggalangan dana finishing Balai RW masih bisa dilakukan setelah Balai RW diresmikan. Terkait hal ini, Sekcam Wates menjawab bahwa peresmian Balai RW yang bersamaan dengan BBGRM besok merupakan peresmian penggunaan, bukan peresmian telah selesainya pembangunan, sehingga penggalangan dana finishing masih bisa dilakukan. Sementara itu, Ir. Hamam Muttaqien yang merupakan warga RW 12 Wonosidi Lor yang juga Anggota DPRD DIY menyampaikan harapan agar dalam setiap acara yang melibatkan warga seperti lomba Adipura atau lomba Kabupaten Sehat, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terutama leading sector yang mengampu untuk memberikan pendampingan secara tuntas dan ngaruhke ke warga, bukan hanya pada saat membutuhkan partisipasi warga untuk menyukseskan acara, tetapi juga kelanjutan setelah pelaksanaan acara.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Persandian KM 5, Plarangan, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D. I. Y.
Kalurahan : PURWOHARJO
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 081931720172
Email : desapurwoharjosmgl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID