SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN PURWOHARJO  

Imunisasi Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Administrator | 20 April 2016 00:00:00 | Berita Desa | 79 Kali

Imunisasi adalah upaya menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang terhadap penyakit yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak serta mencegah sakit berat, cacat dan rawan kematian anak. Imunisasi tetap diberikan kepada bayi/anak meskipun sudah terlewatkan dari jadwal yang seharusnya, dengan melihat interval waktu pemberian dan diupayakan lengkap sebelum anak berusia 1 tahun, kecuali imunisasi Hepatitis B pada bayi baru lahir (0-7 hari), bila usia anak lebih dari 1 tahun, imunisasi harus tetap dilengkapi.

Dalam usaha untuk memberikan imunisasi terutama kepada bayi/anak yang terlewatkan belum mendapatkan imunisasi pada rentang usia 18 bulan sampai 4 tahun, maka Puskesmas Wates menyelenggarakan imunisasi gratis yang dilaksanakan pada hari Rabu, 20 April 2016 di Balai Kelurahan Wates. Kegiatan ini sebelumnya telah disosialisasikan kepada masyarakat melalui RT dan RW. Kegiatan imunisasi kali ini diikuti oleh 20 anak, yang menerima 5 jenis imunisasi (tergantung jenis imunisasi yang belum diterima), yaitu Hepatitis B (mencegah Hepatitis B), BCG (mencegah Tuberkolosis), IPV (mencegah Polio), Campak (mencegah penyakit campak), dan DPT-HB-Hib (Pentavalen) yang mencegah penyakit difteri, pertus (batuk rejan), tetanus, hepatitis B, pneumonia, (radang paru-paru) serta meningitis (radang selaput otak).

Petugas Puskesmas Wates memberikan informasi bahwa imunisasi aman untuk bayi dan anak karena vaksin sudah diuji keamanan, khasiat dan mutunya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dimana saat ini imunisasi telah dilaksanakan di 194 negara di seluruh dunia. ASI, gizi dan suplemen herbal tidak dapat menggantikan imunisasi karena hanya memperkuat pertahanan tubuh secara umum, sedangkan imunisasi diperlukan untuk membentuk kekebalan khusus terhadap kuman tertentu.

Bagi bayi/anak yang belum mendapatkan imunisasi dan belum mengikuti imunisasi yang dilaksanakan hari ini, dapat mengikuti imunisasi dengan datang ke Puskesmas Wates.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Persandian KM 5, Plarangan, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D. I. Y.
Kalurahan : PURWOHARJO
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 081931720172
Email : desapurwoharjosmgl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID