SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN PURWOHARJO  

Pemantauan TPS Pilkada 2017

Administrator | 15 Februari 2017 00:00:00 | Berita Desa | 82 Kali

Untuk memastikan kelancaran tugas KPPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo Tahun 2017, maka Tim Kelurahan Wates melakukan pemantauan di beberapa TPS yang dilakukan 2 kali, yaitu pada malam jelang pelaksanaan Pilkada dan pada Hari-H pelaksanaan Pilkada. Tim Kelurahan Wates yang melakukan pemantauan dipimpin langsung Lurah Wates, dengan didampingi Sekretaris Kelurahan, Kepala Seksi Pemerintahan Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Selain untuk melihat kesiapan TPS dan memantau kelancaran proses pemungutan suara, pemantauan ini juga bertujuan untuk ngaruhke kepada warga sekaligus memberi motivasi khususnya kepada KPPS yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan Pilkada.

Dalam pemantauan yang dilakukan pada malam jelang pelaksanaan Pilkada, dilakukan kunjungan ke beberapa TPS untuk mengecek kesiapan logistik Pilkada yang telah selesai didistribusikan ke 32 TPS, pemantauan persiapan tempat dan pengaturan layout TPS, serta kesiapan pengamanan TPS terutama untuk menjaga logistik Pilkada. Dalam pemantauan malam jelang Pilkada ini, juga disampaikan hal-hal teknis yang perlu disiapkan KPPS, antara lain perlu adanya petunjuk alur pemungutan suara yang jelas (pintu masuk, pendaftaran, tempat menunggu antrian, hingga pintu keluar), peringatan untuk tidak boleh membawa handphone terutama di bilik suara, serta tidak perlunya tulisan nomor bilik agar tidak diasosiasikan dengan nomor urut pasangan calon. Setelah Tim Kelurahan Wates melakukan pemantauan tersendiri di beberapa TPS, dalam pemantauan malam ini juga dirangkai dengan pemantauan yang dilakukan oleh Tim Kecamatan Wates yang terdiri dari unsur Muspika, PPK dan Panwascam yang mengunjungi TPS sampling. Secara umum dalam pemantauan malam jelang Pilkada ini, TPS-TPS telah siap.

Sementara itu untuk pemantauan yang dilakukan pada Hari-H Pilkada, Tim Kelurahan Wates dengan komposisi peserta pemantauan yang sama seperti pada malam hari, mengunjungi beberapa TPS untuk melihat pelaksanaan pemungutan suara. Secara umum proses pemungutan suara berjalan lancar dan tidak ada antrian yang panjang. KPPS telah bertugas dengan baik, sehingga warga dapat menggunakan hak pilihnya dengan lancar.

Pemungutan suara sendiri dibuka pada pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 13.00, yang dilanjutkan dengan penghitungan suara di masing-masing TPS. Setelah menyelesaikan seluruh berkas administrasi yang dibutuhkan, KPPS selanjutnya mengumpulkan Kotak Suara yang berisi Surat Suara dan berkas administrasi ke PPS di Kelurahan Wates. Setelah secara resmi diterima PPS, selanjutnya Kotak Suara akan dikirim ke PPK di Kecamatan Wates.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Persandian KM 5, Plarangan, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, D. I. Y.
Kalurahan : PURWOHARJO
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 081931720172
Email : desapurwoharjosmgl@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID