You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

Ayo Lomba Kebersihan!

Administrator 13 Agustus 2016 Dibaca 971 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]-->

Mengambil momentum untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 pada tahun 2016, Kelurahan Wates menggelar Lomba Kebersihan antar RW yang diikuti oleh 14 RW. 2 RW yang tidak diikutkan dalam lomba tahun ini adalah RW 05 Mutihan dan RW 12 Wonosidi Lor yang masing-masing merupakan pemenang Lomba Kebersihan 2 tahun terakhir sebelumnya.

Bertindak sebagai penilai, Kelurahan Wates telah membentuk Tim Penilai yang terdiri dari warga masyarakat dengan berbagai latar belakang, antara lain Pengurus Ijo & Resik, PKK dan tokoh masyarakat. Untuk efektifitas dan efisiensi waktu, maka Tim Penilai yang terdiri dari 14 orang dibagi dalam 2 tim, dimana masing-masing tim bertugas untuk melakukan penilaian di 7 RW.

Adapun kriteria yang digunakan untuk parameter penilaian adalah sebagai berikut :

1.       Pengelolaan sampah, dimana bila ada bank sampah maka menjadi nilai tambah,

2.       Penghijauan, termasuk pemanfaatan lahan sempit,

3.       Partisipasi masyarakat, termasuk dalam hal kreatifitas dan kemeriahan,

4.       Kebersihan lingkungan, termasuk dalam hal keindahan dan kerapian,

5.       Sanitasi dan drainase, mencakup pengelolaan air dan limbah rumah tangga,

6.       Sarana prasarana dan swadaya, termasuk kondisi gardu ronda, jalan setapak, dll,

7.       Sarana ibadah, menyangkut kebersihan dan keterawatan sarana ibadah.

Setiap tim terdiri dari 7 orang penilai yang dibagi tugas masing-masing personil menilai berdasarkan kriteria yang menjadi bidang tugasnya. Untuk jadwal pelaksanaan dan lokasi kunjungan tim penilai telah ditentukan sebagai berikut :

HARI/TANGGAL

JAM (WIB)

LOKASI

TIM A

TIM B

Minggu/14 Agustus 2016

09.00 - 10.00

RW 01 Punukan

RW 06 Kriyanan

10.00 - 11.00

RW 02 Beji

RW 09 Durungan

11.00 - 12.00

RW 03 Terbah

RW 10 Kedungdowo

12.00 - 13.00

RW 04 Jogoyudan

RW 13 Wonosidi Kidul

Senin/15 Agustus 2016

09.00 - 10.00

RW 14 Dipan

RW 11 Driyan

10.00 - 11.00

RW 15 Kedunggong

RW 08 Gadingan

11.00 - 12.00

RW 16 Sebokarang

RW 07 Wetan Pasar

 

Hasil penilaian oleh Tim Penilai selanjutnya akan direkapitulasi untuk menetukan Juara 1, Juara 2, Juara 3, Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2. Penyerahan hadiah kepada pemenang akan dilakukan oleh Lurah Wates pada malam tirakatan, dimana Tim Kelurahan Wates sekaligus akan melakukan pemantauan penyelenggaraan malam tirakatan di tingkat RW.

Dalam rapat terakhir persiapan lomba pada malam Kamis, 10 Agustus 2016, Lurah Wates menyampaikan bahwa lomba kebersihan hanya sebagai media untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan tujuan utamanya adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan itu sendiri, yang diharapkan menjadi budaya masyarakat karena pada hakekatnya merupakan kebutuhan warga.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} table.MsoTableGrid {mso-style-name:"Table Grid"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-priority:59; mso-style-unhide:no; border:solid black 1.0pt; mso-border-themecolor:text1; mso-border-alt:solid black .5pt; mso-border-themecolor:text1; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-border-insideh:.5pt solid black; mso-border-insideh-themecolor:text1; mso-border-insidev:.5pt solid black; mso-border-insidev-themecolor:text1; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image