You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

UGM dan Unhas KKN Bareng di Wates

Administrator 28 Juni 2016 Dibaca 991 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]-->

Tahun ini, Kelurahan Wates kembali menjadi lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai perguruan tinggi bergengsi di Indonesia. Dua perguruan tinggi negeri (PTN) menggelar KKN secara bersama dalam satu kelompok, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar. KKN UGM-Unhas kali ini diselenggarakan mulai 21 Juni sampai dengan 7 Agustus 2016.

Terkait dengan pelaksanaan KKN UGM dan Unhas di wilayah Kelurahan Wates ini, Lurah Wates telah memerintahkan kepada Sekretaris Kelurahan Wates, Anto Risdiyanto, S.I.P. sebagai personal in charge yang akan memfasilitasi dan membantu pelaksanaan KKN. Untuk lokasi penempatan, Seklur Wates telah berkoordinasi dengan Ketua RW 05 Mutihan, Supriyanto dan Ketua RW 07 Wetan Pasar, Wartana, yang dengan tangan terbuka bersedia menerima penempatan KKN UGM-Unhas di lingkungannya.

Sebanyak 17 mahasiswa UGM (11 putra dan 6 putri) yang tergabung dalam Unit KP-11 bersatu dalam satu unit dengan 5 mahasiswa Unhas (2 putra dan 3 putri). Secara keseluruhan, 22 mahasiswa tersebut tergabung dalam 1 unit, yang dikoordinir oleh Kormanit (Koordiantor Mahasiswa Unit), yaitu Muhammad Rafi Fahlevi (mahasiswa program studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM).

Unit KKN KP-11 ini dibagi dalam 2 Sub Unit dan masing-masing dikoordinir oleh Kormasit (Koordinator Mahasiwa Sub Unit), dengan setiap sub unit beranggotakan 11 mahasiswa. Sub Unit 1 dikoordinir oleh Karina Oriza Herastuti (mahasiswa program studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik UGM), yang ditempatkan di RW 07 Wetan Pasar. Sementara Sub Unit 2 dikoordinir oleh Ishak Ismail Damanik (mahasiswa Fakultas Hukum UGM), yang ditempatkan di RW 05 Mutihan.

Selama sekitar 1 pekan pertama KKN, para mahasiswa melakukan observasi yang bertujuan untuk melakukan pendataan lapangan sebagai bahan penyusunan rencana program kegiatan KKN. Observasi sekaligus juga bermanfaat sebagai media komunikasi dan perkenalan mahasiswa KKN dengan para Ketua RW, Ketua RT maupun warga masyarakat secara keeluruhan.

Keberadaan kegiatan KKN ini diharapkan memberi dampak positif terhadap warga, terutama dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan transfer of knowledge. Paradigma KKN tentu saja bukan bertujuan memberi kesempatan warga untuk menuntut program atau hal-hal yang tidak realistis, tetapi lebih bertumpu untuk membangun sinergi antara warga dan mahasiswa KKN. Bagi mahasiswa sendiri, KKN masih relevan untuk dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan implementasi ilmu akademik yang diperoleh di kampus untuk diaplikasikan di tengah masyarakat. Beragamnya program studi yang ditekuni oleh mahasiswa KKN Unit KP-11 ini memberikan peluang diversifikasi program kegiatan KKN sesuai disiplin ilmu yang mereka pelajari. 

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image