You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

Visitasi Tim Evaluasi JBM Di Kelurahan Wates

Administrator 28 Oktober 2016 Dibaca 977 Kali

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Sebagai upaya menggalakkan program Jam Belajar Masyarakat (JBM), dilakukan monitoring dan evaluasi JBM oleh Tim Evaluasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Untuk wilayah Kelurahan Wates, kunjungan dilakukan pada malam Kamis, 26 Oktober 2016 di RT 03 RW 14 Dipan. Tim dipimpin oleh Kepala Bidang PAUDNI (Pendidikan Anak Usia Dini dan Non Formal Informal) Dinas Pendidikan, Tutik Sriyani, S.Pd., M.Pd., serta didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Kursus dan Pelatihan, Taryono, S.S., M.Eng. dan para penilik sekolah.

Tim evaluasi diterima oleh Lurah Wates beserta perangkat kelurahan, Ketua RW 14 Dipan, para Ketua RT setempat, serta warga masyarakat RT 03 Dipan. Lurah Wates menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim evaluasi, serta menyambut baik kunjungan tim dalam upaya untuk terus membina program JBM.

Selanjutnya Ketua RW 14 Dipan, Pak Triyogo memaparkan tentang berbagai kegiatan warga RW 14 Dipan, khususnya di RT 03. Selama ini program JBM telah berjalan dengan baik, jumlah anak putus sekolah tergolong sangat rendah, komitmen orang tua tinggi dalam menyekolahkan anak bahkan hingga jenjang pendidikan tinggi, serta prestasi akademik anak warga Dipan yang cemerlang dengan menembus berbagai sekolah dan perguruan tinggi favorit. Semua itu tentu didukung oleh komitmen seluruh komponen warga dalam menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif untuk belajar.

Ibu Retno Dwi Kusumawati, S.Pd, yang merupakan istri Pak RT menambahkan bahwa selama ini rumahnya digunakan sebagai Sekretariat JBM, sekaligus tempat belajar bersama anak-anak di lingkungan sekitar pada jam 18.00-20.00 WIB. Selain belajar pelajaran sekolah, anak-anak juga belajar mengaji, menyanyi dan bermain piano. Bu RT yang kebetulan mengambil skripsi bertema JBM semasa kuliah di UNY menyampaikan bahwa warga telah berkomitmen untuk mendampingi anak selama belajar dan mematikan tv agar anak berkonsentrasi dalam belajar.

Ketua Tim Evaluasi selanjutnya menanggapi sambutan hangat warga dan berterima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah berkomitmen dalam mendukung program JBM. Disampaikan bahwa visitasi penilaian memiliki beberapa komponen, yaitu Lingkungan (terkait kebersihan, keamanan, ketertiban, penerangan, kenyamanan dan dukungan masyarakat), Administrasi Kelembagaan JBM, Sarana dan Prasarana, Taman Bacaan Masyarakat, Pembiayaan Program JBM, Pelaksanaan Program JBM, Pelaksana JBM tingkat Kelurahan dan Pelaksana JBM tingkat Kecamatan. Pelaksanaan JBM dilakukan 2 jam setiap hari, dimana belajar 2 jam sehari dalam 7 hari lebih efektif daripada belajar 7 jam sehari dalam 2 hari.

Untuk melihat langsung kegiatan program JBM, maka tim evaluasi dengan didampingi Pak Lurah beserta perangkatnya dan warga masyarakat melakukan kunjungan di beberapa titik yang tersebar di lingkungan sekitar. Setelah melihat kegiatan belajar anak di rumah Pak RT 03, rombongan kemudian mengunjungi Taman Bacaan Masyarakat, dimana di sana telah disambut ibu-ibu yang sedang berkegiatan. Selama berkeliling lingkungan, juga ditemukan suasana tenang yang kondusif untuk belajar, beberapa papan penanda kegiatan JBM bahkan sebuah papan yang sudah terpasang selama puluhan tahun. Keliling lingkungan berakhir di titik awal di Sekretariat JBM di rumah Pak RT 03.

Menanggapi hasil kunjungan ke beberapa titik di lingkungan, Kasi. Dikmas Kursus dan Pelatihan, Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa program JBM di RT 03 Dipan sudah berjalan dengan baik, yang didukung oleh warga masyarakat serta dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung. Adapun untuk koleksi buku di Taman Bacaan Masyarakat masih perlu untuk dilengkapi sehingga memberikan alternatif bacaan yang lebih variatif.  

Acara kemudian ditutup oleh Pak Lurah dengan ucapan terima kasih atas kunjungan dan pembinaan yang diberikan, serta diucapkan selamat jalan kepada tim evaluasi.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image