You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Purwoharjo
Kalurahan Purwoharjo

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Di Yogyakarta

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kalurahan Purwoharjo!

PSN Kerjasama Kelurahan Wates dan Indomaret Gegap Gempita

Administrator 26 Maret 2016 Dibaca 963 Kali

Hari ini, Sabtu (26/03) telah diselenggarakan acara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) kerjasama antara Kelurahan Wates dan PT. Indomarco Prismatama yang merupakan waralaba retail dengan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan nama Indomaret. Acara ini melibatkan Puskesmas Wates sebagai narasumber penyuluhan dan pemandu teknis PSN, dengan mengerahkan Kader Jumantik di 2 RW yang menjadi sasaran kegiatan PSN kali ini, yaitu Gadingan dan Durungan, dan didampingi oleh LPMK, Ketua RW dan Ketua RT setempat. Sebagai homebase acara mengambil tempat di Joglo Bapak H. Soegiman, Gadingan. PSN kali ini mengangkat tema "Lawan Demam Berdarah Untuk Keluarga Kita".

1 hari sebelum pelaksanaan acara, dilakukan rapat persiapan sekaligus penyiapan tempat untuk penyuluhan dan seremonial, yaitu di joglo dan sekitarnya. Dalam rapat persiapan, dibagikan form PSN, stiker tanda sudah dilakukan PSN, serta pembagian tugas untuk pelaksanaan acara.

Pada hari pelaksanaan, mulai pukul 07.00 WIB, kader Jumantik, LPMK, Ketua RW dan Ketua RT di wilayah Gadingan dan Durungan berkumpul di joglo. Selanjutnya mereka melakukan PSN door to door di wilayah masing-masing, dan kembali ke homebase pada pukul 10.00 WIB.

Dari Kelurahan Wates hadir Lurah Wates, Agus Wasana, S.I.P., M.M., Sekretaris Kelurahan Wates, Anto Risdiyanto, S.I.P., Kepala Seksi Kesra, Tri Waluyo dan Staf Kesra, Nanang Sutopo. Di samping kader Jumantik, LPMK, Ketua RW dan Ketua RT, juga mengundang beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama di lingkungan sekitar.

Setelah semua berkumpul dengan membawa hasil PSN, acara dimulai dengan sambutan dari Lurah Wates, yang menyambut positif kegiatan yang disponsori Indomaret, yang merupakan bentuk kepedulian sosial melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Lurah Wates juga menyampaikan bahwa menjaga kebersihan lingkungan dilakukan bukan hanya pada saat lomba kebersihan, kerja bakti atau acara PSN. Namun kebersihan lingkungan yang merupakan kebutuhan pokok warga harus dilakukan setiap saat.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh perwakilan PT. Indomarco Prismatama, Edi Sulaiman, yang menyampaikan bahwa kegiatan PSN ini merupakan bentuk CSR Indomaret yang sudah dilakukan di berbagai tempat. Diharapkan dengan acara ini dapat memotivasi warga untuk selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Nurlita Atmaja, selaku perwakilan sponsor dari S.C. Johnson yang merupakan produsen produk Baygon dan Autan, juga menyampaikan sambutan singkat, dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan animo warga yang antusias untuk menyukseskan acara PSN ini. Selain menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat juga dapat menggunakan Baygon dan Autan untuk melindungi dari gigitan nyamuk.

Sesi terakhir diberikan kepada perwakilan Puskesmas Wates, Suparjono, yang menyampaikan hasil PSN yang telah dilakukan oleh kader Jumantik didampingi Ketua RT masing-masing. Dalam kesempatan ini, Puskesmas Wates juga menyampaikan bahwa PSN jauh lebih penting daripada fogging, karena PSN bersifat pencegahan (pre-emptive), sementara fogging bisa dilakukan hanya apabila di suatu lokasi tertentu telah ada korban Deman Berdarah-Dengue (DBD). Dalam prakteknya, fogging yang sudah sering dilakukan juga dinilai kurang efektif, karena menimbulkan polusi dan justru meningkatkan imunitas nyamuk aedes aegypti. PSN yang bersifat pencegahan, dapat dilakukan antara lain dengan menguras bak mandi dan tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat tempat penampungan air, mengganti air pada pot bunga atau tempat minum burung secara rutin, membersihkan pekarangan dari benda-benda yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, serta membersihkan air yang tergenang.

Setelah berakhirnya penyuluhan dari Puskesmas, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis plakat kegiatan dari Indomaret kepada Lurah Wates, yang dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta yang hadir. Acara selanjutnya ditutup, dengan pesan ucapan terima kasih Kelurahan Wates atas nama warga, dan akan selalu membuka pintu untuk kegiatan-kegiatan positif seperti PSN kali ini.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image