SELAMAT DATANG DI DESA PURWOHARJO KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO 55673

 

Breking News: Kebakaran lahan hutan di Pedukuhan Kedungkrong Purwoharjo

Administrator 03 Oktober 2019 11:19:41 Berita Lokal

Purwoharjo, Samigaluh, Kabarno.com – Gara gara kabel putus di lahan hutan seluas 1000 meter tepatnya di Pedukuhan Kedungrong, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo pada Senin, 30 September 2019 sekitar pukul 13.20 wib, kebakar dikatakan Dasuki pemilik lahan kepada Kabarno.com siang tadi.

” awit laporan saking sederek ingkang caket papan punika, wonten kabel listrik ingkang pedot , kamangka wonten stroomipun dadis yih ngobong wit witan sak cwlakipun.”

Baca juga :

https://yogyakarta.kompas.com/read/2018/08/28/20465631/relawan-padamkan-kebakaran-di-lereng-menoreh-dengan-sekat-bakar

Dasuki menambahkan dibantu warga setempat memadamkan api yang sudah membakar tanaman yang ada di sekitar lahan secara manual, namun selang beberapa menit Relawan datang untuk menolong dengan alat seadanya.

Setelah Mobil Pemadam Kebakaran datang dan dibantu TNI, Relawan JPM, JKM serta warga masyarakat api dapat dipadamkan, untuk pembersihan sisa sisa api Damkar Kulon Progo melakukan pendinginan sampai benar benar api tidak ada.

Suhardiyana Kasie Logistik dan Kedaruratan BPBD Kulon Progo mengimbau karena dimusim kemarau ini banyak pohon pohon yang kering bahkan daun begitu juga apa bila membakar sampah untuk selalu diperhatikan, karena kebakaran ini timbuk dari kabel listrik yang putus, diharapkan untuk pemasangan kabel juga di perhatikan. ( yah )


Kepala Desa Purwoharjo, Bapak R A Ari Wibowo, A.Md  tinjau dilokasi kebakaran dalam proses pemadaman api dan menegaskan bahwa pada hal ini ada berapa hal yang perlu di perhatikan yaitu dua esensi yang perlu ditindaklanjuti, upaya yang harus disiapkan yaitu Kesiapan taggap bencana antisipasi dan tindakan penanganan bencana baik dimusim panas  kering  dihimbau harus berhati-hati terlebih dalam membersihkan sampah harus mencermati melihat sekelilingnya dan jangan membuang puntung rokok sembarangan karena akibatnya akan berdampak kebakaran, dimana saat ini masih cuaca  panas disertai angin kemarau yang cukup panjang yang belum bisa diperkirakan kapan turunya hujan  di wilayah Desa Purwoharjo dan sekitarnya. Dalam hal ini penanganan dalam kesiapan kesiagaan bencana  baik dari elemen masyarakat,Babinkamtibmas & Babinsa dalam kejadian ini turut  ikut berperan aktif di dalamnya. ibu Indariyah selaku salah satu Forum Penggurangan Resiko Bencana ( FPRB) Desa Purwoharjo turut berperan dalam penanganan pemadaman api di lahan pedukuhan kedungrong.

 

Sumber berita :

http://www.kabarno.com/awan-mau-lahan-hutan-ing-kedungkrong-samigaluh-kobong/

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung